Powered by Blogger.

Manfaat Putih Telur Bagi Tubuh dan Kulit

Dalam sebutir telur mengandung putih telur dan kuning telur. Putih telur mengandung kadar protein yang sangat tinggi dan tidak mengandung kolesterol sedangkan pada kuning telur mengandung berbagai zat yang juga penting untuk tubuh namun di dalam kuning telur mengandung kolesterol dalam jumlah yang tinggi sehingga dampak mengkonsumsi kuning telur secara berlebihan akan menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat.

Protein dalam putih telur dapat memberikan nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan sel otot. Seseorang yang rutin melakukan fitness pasti sangat membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel otot yang rusak selama fitness. Maka protein merupakan salah satu zat yang dapat membantu mempercepat proses pemulihan sel-sel otot dan meregenerasi sel-sel otot sehingga menjadi bertambah kuat dan besar.

Tubuh manusia membutuhkan protein sebanyak 1 gram protein per 1 kg berat tubuh. Protein dalam 1 butir putih telur mengandung 3-4 gram protein. Cara mengkonsumsi protein lebih baik dilakukan secara bertahap, apabila kebutuhan protein sebanyak 50 gram maka dapat mengkonsumsi protein pada waktu pagi, siang dan malam sehingga jumlah protein yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi dan dapat diserap maksimal oleh tubuh. Sehingga protein dapat membentuk otot dan memulihkan sel-sel yang rusak secara maksimal.

Manfaat protein dalam putih telur mengandung asam amino yang sangat baik dalam perbaikan sel-sel otot dan asam amino yang dihasilkan dalam putih telur dapat membantu dalam pertumbuhan otot. Dalam putih telur tidak mengandung lemak jahat, karbohidrat dan kolesterol, sehingga sangat baik dikonsumsi namun konsumsi putih telur harus sesuai dengan kebutuhan tubuh sehingga tidak ada kelebihan protein dalam tubuh, karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara belebihan tidak akan baik untuk system di dalam tubuh karena tubuh sudah mempunyai takaran-takaran untuk setiap zat yang dibutuhkan sehingga tidak menimbulkan efek samping atau efek jangka panjang yang tidak diinginkan.

Kelebihan protein dalam putih telur adalah sangat mudah diserap oleh tubuh, karena putih telur tidak mengandung lemak maka mengkonsumsi putih telur dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan maka putih telur dapat berguna bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Menurut penelitian, putih telur yang sebaiknya dimakan adalah putih telur yang sudah direbus sampai matang, karena dengan direbus sampai matang akan membuat putih telur lebih baik untuk dikonsumsi karena dengan memanaskan sampai matang akan membunuh bakteri-bakteri yang tidak bermanfaat yang ada dalam telur.

Manfaat putih telur selain dikonsumsi, putih telur dapat digunakan sebagai masker pada kulit wajah. Putih telur dapat mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

Cara menggunakan putih telur sebagai masker wajah, yaitu dengan memisahkan putih telur dari kuning telur, kemudian putih telur dikocok menggunakan garpu sampai kental dan berbusa kemudian oleskan hasil kocokan putih telur tadi pada kulit wajah, diamkan kurang lebih sepuluh menit agar masker putih telur dapat meresap pada pori-pori kulit wajah sampai masker kering. Setelah itu bilas     bilas dan bersihkan kulit wajah dengan ait hangat lalu keringkan. Langkah terakhir menggunakan masker putih telur yaitu usapkan es batu pada permukaan kulit wajah anda secara perlahan untuk menutupi pori-pori kulit wajah.

Penggunaan masker putih telur secara teratur akan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersih serta kulitnya kencang.

No comments:

Post a Comment