Powered by Blogger.

Tipe Tubuh Manusia - Ectomorph, Endomorph, Mesomorph

tipe ectomorph - tipe endomorph - tipe mesomorph
Tiga tipe tubuh manusia terdiri dari ectomorph, mesomorph dan endomorph. Tipe tubuh ini akan sangat mempengaruhi dalam metabolisme tubuh dalam mengolah makanan, sehingga sangat berpengaruh pada bentuk tubuh dan berat badan seseorang.

Dari ketiga tipe tubuh ini maka akan mudah terlihat kenapa ada orang yang banyak makan namun tetap kurus? Kenapa ada yang sedikit makan namun mudah gemuk, tetapi ada yang mau makan banyak atau sedikit tetapi bentuk badan tetap bagus dan berat badan tetap ideal.

Ciri-ciri tipe tubuh manusia secara singkat diantaranya :

Ectomorph

Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu.

Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban  untuk meningkatkan massa otot. Tipe ectomorph hanya bias meningkatkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot dengan latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan.

Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolism tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.

Endomorph

Ciri dari rubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik damun sulit untuk diturunkan.

Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.

Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.

Mesomorph

Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan type tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal.

Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.


Kebanyakan tipe mesomorph tidak memiliki masalah yang serius dengan berat badan maupun bentuk badan, tipe ini hanya tergantung kepada si pemilik tubuh, apakah ingin mengolah menjadi tubuh yang lebih atletis atau hanya membiarkan begitu saja namun tetap terlihat bagus.

6 comments:

Unknown said...

nice blog... thanks for ur information

Unknown said...

Terimakasih'
Alhamdulillah sangat bermanfaat,,

Unknown said...

permisii
saya termasuk ectomorph
saya mau nambah berat tp sudah makan 1 porsi
saya sehari makan 3x
setiap makan saya makan satu porsi
nasi sudah makan 1 porsi
tp tdk bisa naik
mala berat nya turun
gimana ini supaya saya beratnya naik
dpt in kalori banyak dr mana?

Yoga said...

buat mas yonathan

simple mas jawabannya
latihan keras, makan banyak, istirahat

ecto susah menyimpan lemak, jadi jangan berharap timbangan naik dari sekedar makan banyak

ubah mindset dari sudah merasa makan banyak menjadi belum cukup banyak.

untuk pola latihan short and intense. Jangan buang buang waktu dengan pemanasan dengan sepeda atau treadmill, lgsg ke warm up set lalu set inti.

saya ecto juga, sudah naik 8 kg
semoga membantu

Faiz Awanda said...

Coba latihan calisthenics bro Yonathan. Search aja di You Tube "Bar Brothers Dk"

Muhammad Rizal said...

Kak mau tanya tentang komposisi tubuh tu dapat dari buku mana, apa judul bukunya, karangan nya siapa, tahun terbit nya kapan, penerbit, pengarangnya juga..? Izin tanya untuk tugas kebugaran jasmani

Post a Comment