Powered by Blogger.

Cara Merawat Mobil Avanza

tips merawat dan memelihara mobil avanza
Belakangan mobil avanza meledak di pasaran. Karena bodi mobil yang elegan dan terlihat mewah dengan harga cukup terjangkau membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Bila pernah mengendarai mobil ini, Anda akan merasakan kehalusan mesin yang membuat pengendara merasa nyaman. Nah, bagaimana cara merawat mobil avanza agar tetap mewah dan nyaman? 
Pertama, untuk merawat penampilan luar avanza diperlukan pencucian teratur dengan menggunakan shampoo khusus. Shampoo mobil dapat mengawetkan warna sehingga tetap kinclong. Agar warna mobil tetap oke, usahakan tidak memarkir mobil di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari akan menyebabkan cat mobil terkelupas. Pilihlah tempat tertutup atau di bawah pohon yang rindang.
Kedua, seperti halnya pakaian, air hujan juga bisa menyebabkan jamur di badan mobil sehingga jadi kusam. Untuk mencegahnya segera cuci mobil Anda sampai rumah saat kehujanan. Kotoran yang menempel di bodi mobil dari genangan air usahakan dilap sampai bersih karena bisa menimbulkan kerak. 
Ketiga, selalu cek aki mobil Anda. Jangan membiarkan aki mobil habis karena mesin bisa rusak. Jika sudah demikian akan terjadi cacat mesin yang tentu perlu perawatan bengkel. Daripada buang uang untuk perbaikan mesin alangkah baiknya jika Anda menghindari kehabisan aki.
Keempat, cek pelumas pada oli mesin, axle, power sterling, transmisi, rem dan kopling. Tujuannya agar mobil tidak menimbulkan bunyi asing yang berarti ada kerusakan. Pelumas juga sangat penting untuk mendukung performa mesin dan rem. Usahakan mengganti pelumas tiap 2 minggu sekali. Bila suatu ketika ada bunyi aneh baik dari rem ataupun yang lain segera bawa ke bengkel sebelum terlambat.
Kelima, jangan membawa mobil avanza ke sembarang bengkel. Bila ada masalah pada mobil bawa ke bengkel terpercaya atau tempat Anda membeli (bila ada). Penanganan sembarangan justru merusak kondisi mesin.
Keenam, ganti ban bila sudah lama digunakan. Idealnya setelah 50.000 km atau maksimal setelah 80.000 km. ban yang digunakan pada jaran terlalu jauh sudah tidak aman lagi seperti akan terasa saat berada di jalan berkerikil, mudah meletus, dan licin sehingga kurang dapat dikendalikan. Selain itu, perhatikan volume angin dalam ban. Jangan biarkan anginnya kurang atau berlebihan.
Keenam, agar mobil tetap dingin biasakan untuk membawanya ke bengkel perawatan tiap periode. Para teknisi akan membersihkan dan mengganti Freon mobil sehingga tetap nyaman digunakan. 
Itulah tips umum mengenai cara merawat mobil avanza. Jenis mobil avanza sendiri memang ada beberapa, tapi tips diatas adalah tips umum yang berlaku pada semua jenis mobil avanza. Bila diterapkan, maka Anda justru bisa berhemat karena mobil akan selamat dari turun mesin alias kerusakan parah. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Post a Comment