Powered by Blogger.

Tips Mencuci Mobil Agar Terlihat Lebih Mengkilap

Tips-pesancabe.blogspot.com, Mencuci mobil merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Kegiatan mencuci mobil dapat dikerjakan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain di tempat cuci Mobil. Hasil mencuci sendiri dibandingkan mencuci di tempat mencuci mobil memang sedikit berbeda, karena alat dan perlengkapan cuci di tempat cuci mobil lebih lengkap.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan tidak kalah dari tempat mencuci mobil, maka ada tips cara untuk mencuci mobil yang baik dan benar untuk membuat mobil lebih terlihat mengkilat dan  terlihat baru serta tahan lama.


tips mencuci mobil agar terlihat mewah, lebih mengkilap dan tahan lama

Mencuci mobil harus memperhatikan peralatan mencuci dan kualitas cat mobil agar cat ridak rusak atau pudar dan cat mobil tidak tergores. Langkah mencuci mobil yang baik untuk cat mobil dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu menyediakan:

Peralatan/ perlengkapan untuk mencuci mobil :
  • Sampo khusus mobil, agar tidak membuat cat mobil memudar.
  • Spon/ Busa Sabun yang lembut.
  • Kain kasar/ halus, dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel di velg mobil.
  • Sikat halus, untuk kotoran yang menempel di ban.
  • Alat penyedot debu ukuran kecil.
  • Selang, Ember sebagai sumber air bersih dan menampung air sabun untuk mencuci body mobil.
  • Kanebo "chamois", kain khusus untuk mengeringkan air dari body mobil setelah dicuci bersih.
  • Semir untuk ban Mobil.
  • Semir Cat Mobil.
  • Semir untuk bagian interior
  • Parfum untuk menghilangkan bakteri dan kuman serta membuat mobil lebih segar.

Tidak semua peralatan mencuci harus disediakan, sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan setiap pemilik mobil. Semuanya hanya untuk membuat mobil lebih terawat dan cat mobil mengkilat dan tahan lama.

Cara mencuci mobil agar tidak merusak cat mobil dan tidak menggores cat mobil :
  1. Usahakan mencuci mobil sampai selesai ditempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari dan hujan.
  2. Bersihkan debu yang ada pada cat mobil meggunakan bulu ayam, agar tidak terjadi goresan pada cat mobil saat mencuci dengan busa.
  3. Bersihkan bagian interior mobil terlebih dahulu, lap jok dan kaca serta bagian-bagian yang berdebu, atau dapat menyedot bagian yang tidak dapat dilap dengan mesin sedot debu. Keluarkan karpet-karpet lantai mobil dan bersihkan diluar, kemudian dijemur sehingga ketika mobil selesai dicuci karpet sudah kering dan dapat dimasukkan kembali ke mobil dan mobil dapat langsung digunakan.
  4. Kembali lagi ke body luar mobil, siram seluruh bagian mobil dengan air bersih, lebih baik menggunakan selang dan kekuatan siraman air jangan terlalu kencang agar tidak merusak cat.
  5. Cucilah berurutan dari bagian atas kemudian turun sampai bagian ban, hal ini untuk menjaga kotoran yang kasar dibagian bawah mobil tidak menempel pada bagian atas mobil sehingga mencegah terjadinya goresan pada cat mobil.
  6. Gunakan Sampo mobil agar tidak merusak warna cat mobil.
  7. Gosok seluruh body mobil dengan spon/ busa yang sudah dicampur dengan sampo mobil.
  8. Bersihkan body mobil yang sudah digosok dengan sampo mobil dengan menggunakan air bersih. Disarankan menggunakan selang yang dapat menyemprotkan air dan atur tekanan air.
  9. Lap mobil dengan lap khusus mobil (kanebo) dengan bahan khusus sehingga dapat menyerap air (chamois) dengan baik, Lap seluruh mobil dengan merata untuk mencegah bekas air yang menempel.
  10. Semir ban menggunakan bahan khusus untuk menyemir ban atau silicon oil sehingga ban mobil terlihat mengkilap dan baru.
  11. Semir bagian interior dengan bahan semir yang disediakan khusus untuk bagian interior.
  12. Semprotkan parfum di bagian interior mobil untuk menghilangkan bakteri dan kuman di dalam mobil serta membuat mobil selalu wangi, segar dan sehat untuk digunakan.

2 comments:

Post a Comment