Powered by Blogger.

Tips Modifikasi Mobil


Dunia otomotif selalu menggoda para pemainnya untuk selalu mempercantik kendaraanya, khususnya mobil. Mobil dengan tampilan standar pabrik lebih terasa membosankan dan apabila sedang parkir akan terlihat sama semua dengan mobil  orang lain yang standar. Modifikasi mobil tidak hanya dilakukan pada sisi tampilan, tetapi dari sisi mesin juga biasanya tertarik untuk dilakukan perubahan agar tarikan mobil lebih kencang dan menjadi yang tercantik dan tercepat di jalan. Modifikasi mobil kebanyakan diarahkan pada tampilan sporty dan gaul serta dengan performa dan suara yang mantab seperti mobil balap.


Langkah pertama untuk mencoba sesuatu hal baru terkadang semangat yang muncul sangat besar, namun semangat ini harus tetap dijaga dengan konsisten pada niat yang sudah ditetapkan sehingga hasilnya maksimal. Selain semangat yang tinggi, juga harus disertai dengan rencana dan konsep yang matang yang sudah anda perhitungkan dengan tepat sehingga tidak over budget dan menyesal dengan hasil yang akan didapatkan.

Tentukan tema dalam memodifikasi mobil anda, tentunya harus disesuaikan dengan selera, hobi dan pekerjaan anda sehari-hari sehingga akan cocok antara mobil dan sang empunya. Diantara tema yang banyak dipilih untuk modifikasi mobil, diantaranya model racing, klasik, sporty, elegan, type modifikasi extreme style. Model yang terakhir ini akan dilakukan modifikasi total bentuk mobil seperti dimensi menjadi lebih panjang atau pendek, tipe mobil dimodifikasi menjadi model SUV atau sedan dan lainnya. Tetapi hal yang paling penting untuk menentukan tema modifikasi adalah disesuaikan dengan budjet atau anggaran yang dimiliki.

Setelah menentukan dan menetapkan tema dan anggaran maka selanjutnya cari bengkel modifikasi yang sudah terbukti dan terpercaya. Setelah menentukan bengkel maka selalu konsultasikan secara kontinyu apa yang anda harapkan dari modifikasi kendaraan anda. 

Hal-hal yang selalu diperhatikan dalam modifikasi mobil diantaranya:
  • Modifikasi Mesin Mobil, Dalam modifikasi, mesin akan menjadi objek pertama yang akan diperhatikan, karena mesin adalah inti dari sebuah mobil sehingga modifikasi dapat membuat mesin bekerja dengan lebih baik dan mempunyai tenaga serta torsi yang meningkat signifikan setelah dimodifikasi. Untuk pemula dengan anggaran yang tidak banyak maka cukup merubah mesin dengan modifikasi sederhana. Dapat dengan mengubah pengapian menjadi lebih baik dengan cara mengganti busi atau koil, dapat juga merubah penampilan mesin dengan melapisi karbon atau meng-krom mesin.
  • Modifikasi Velg Mobil, setelah selesai dengan mesin maka dilanjutkan dengan modifikasi pada kaki-kaki alias roda. Tentukan velg mobil yang ingin Anda pasang sesuai dengan tema yang sudah ada. Apabila sudah terpasang dari sinilah awal mula apakah nantinya perlu merubah body atau tidak seperti memperlebar fender. Biasanya dalam modifikasi velg, maka body mobil yang harus menyesuaikan dengan velg yang dipilih. Modifikasi ukuran velg dan ban menjadi lebih besar akan mempengaruhi handling mobil menjadi lebih baik sehingga lebih pas dalam melakukan manuver, hal ini karena area kontak antara ban dengan aspal menjadi lebih luas sehingga daya cengkram menjadi lebih besar dan tampilan akan menjadi lebih cantik. Namun, apabila melewati jalan yang tidak rata, daya redam mobil menjadi berkurang. Imbasnya kabin menjadi lebih berisik. Kendala ini dapat diantisipasi dengan memasang peredam yang lebih bagus agar kenyamanan kabin tetap terjaga.
  • Modifikasi Mobil - Body kit, setelah mengganti velg kemudian memasang body kit yang sudah dimodifikasi sesuai velg dan ban. modifikasi tampilan secara maksimal dengan mengganti bemper depan, bemper belakang dan side skirt.
  • Modifikasi Audio Mobil, lebih baik audio menggunakan komponen yang bermerek dan berkualitas sehingga hasil dari sistem audio sesuai dengan harapan, namun bentuk dan warna audio tetap sesuai dengan tema sehingga terlihat kombinasi yang baik. Pada kontes modifikasi kategori Audio ada tiga kelas yakni SQ (Sound Quality) , SQL (Sound Quality Loud), dan SPL (Sound Pressure Level). Untuk anda yang menyukai suara yang jernih dan berkualitas, atur sistem audio untuk SQ sehingga kerjernihan (clarity), kedalaman (depth), tata panggung (sound stage). Bagi anda yang lebih memilih type bass pada audio maka pilih pengaturan SPL agar kekerasan suara yang dihasilnya dengan pengukuran desibel (db) bisa sesuai keinginan anda. Sedangkan untuk SQL adalah jenis yang paling cocok untuk pemula karena lebih sederhana merubahnya. SQL sendiri ialah penggabungan dua modifikasi audio sebelumnya yakni kualitas suara dengan dentuman yang keras.
  • Modifikasi Interior Mobil, Modifikasi bagian ini lebih baik dengan maksimal karena bagian interior akan lebih banyak dinikmati oleh penggunanya, maka buatlah dengan sangat indah dan nyaman untuk ditempati dan dilihat. Dalam hal ini maka tema dan bahan serta warna interior harus menjadi kombinasi yang baik. Misalnya, tema elegan maka jok dengan bahan kulit dan dasbor panel kayu. Hal ini lebih umum diterapkan pada modifikasi mobil. Namun tema racing dapat dengan mengganti setir standar menjadi setir racing serta melapisi pedal dengan besi khusus untuk pedal agar terlihat racing.

Modifikasi mobil secara keseluruhan harus disesuaikan dengan kenyamanan anda dan keluarga anda serta orang-orang dilingkungan anda agar mobil anda menjadi lebih indah dan nyaman bagi semua yang melihat.

No comments:

Post a Comment