Powered by Blogger.

Cara Membentuk Tubuh Ideal dan Mengurangi berat badan

mendapatkan berat badan ideal dan bentuk tubuh bagus
Tips Menurunkan berat badan secara sehat dan alami serta mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.


Puasa

Puasa merupakan menahan makan dan minum selama periode tertentu, biasanya dilakukan dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa sadah sangat terbukti dapat membuat tubuh menjadi sehat, sedangkan bonusnya yakni tubuh dapat mengurangi lemak tubuh dan beberapa zat dalam tubuh yang tidak baik atau tidak diperlukan tubuh secara alami sehingga akan mengurangi berat badan yang berlebihan secara sehat dan alami.

Untuk mendapatkan manfaat  puasa secara maksimal maka sebaiknya puasa dilakukan dengan rutin dan teratur serta mengikuti aturan puasa.

Selain dapat memberikan kesehatan jasmani, puasa dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang sehingga menjadi lebih bijaksana dan sabar dalam menghadapi setiap kondisi dan situasi dalam kehidupan sehari-hari.


Olah raga

Cara untuk menurunkan berat badan yang sudah sangat umum dilakukan oleh banyak orang yaitu dengan berolah raga secara rutin dan teratur namun tetap disesuaikan dengan tingkat kekuatan dan kesehatan tubuh.
Banyak sekali olah raga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang ideal. Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya:


Cardio

Olahraga jenis ini merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun oleh setiap orang. Cardio dapat dengan cepat membakar kalori dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dengan mudah, namun tetap harus melakukan diet makanan yang tepat karena kalori yang dikeluarkan saat berlatih kardio dapat lebih sedikit dari jumlah kalori dari makanan yang dimakan apabila tidak diatur.
Olah raga kardio ini diantaranya lari (jogging), bersepeda, skipping dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka olahraga jenis ini harus dilakukan dalam waktu yang relative lama.


Angkat beban

Olah raga angkat beban merupakan salah satu olah raga yang tidak banyak dipilih oleh banyak orang karena kesulitan dalam teknik dan beban yang harus diangkat. Olah raga jenis ini membutuhkan instruktur atau minimal harus mengetahui ilmu atau pengetahuan tentang setiap gerakan yang akan dilakukan. Kesalahan dalam melakukan teknik mengangkat akan menyebabkan cedera.

Angkat beban dapat membakar kalori jauh lebih banyak dari cardio dalam waktu yang sama. Semakin berat beban angkatan maka akan semakin banyak kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan angkatan.

Dengan angkat beban maka dapat mengurangi berat badan dan membentuk tubuh yang ideal dalam kurun waktu yang relative singkat namun tetap apapun bentuk olahraganya maka asupan makanan yang dimakan harus tetap dijaga agar kalori yang masuk tidak lebih besar dari kalori yang dikeluarkan.


Mengatur pola makan dan gizi makanan

Untuk mndapatkan berat badan yang ideal maka pola makan dan gizi makanan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan berat badan yang diinginkan maka harus memperhatikan hal-hal berikut  dalam menjaga pola makan dan gizi makanan :
  • Makan makanan yang berserat
  • Menghindari makanan yang mengandung minyak berlebihan
  • Tidak makan secara berlebihan, usahakan perut diisi dengan 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara agar terjadi keseimbangan metabolisme dalam tubuh.
  • Semakin banyak makan maka semakin banyak kalori yang masuk maka akan semakin menambah berat badan.
  • Mengatur gizi makanan secara seimbang antara Karbohidrat, vitamin, protein, lemak, mineral dll.



Menjalankan metode DIET yang sehat

Diet merupakan cara yang dilakukan dalam menjaga pola makan dan asupan gizi untuk tubuh sehingga dapat mencapai berat badan yang diinginkan.

Ada beragam cara diet yang sudah diperkenalkan di Indonesia, namun ada salah satu metode diet yang sedang menjadi tren saat ini baik di Indonesia maupun di Dunia, di Indonesia metode ini dikenal dengan nama OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet).

OCD diperkenalkan oleh Deddy Corbuzier yang merupakan seorang mentalis. OCD sendiri sudah dipraktekan oleh Deddy Corbuzier dan banyak orang di Indonesia. Metode ini sudah terbukti berhasil. OCD dilakukan dengan metode puasa dan diselang dengan jendela makan. Periode puasa dan jendela makan dalam metode OCD dapat dilakukan bertahap dari 16 Jam puasa dan 8 Jam jendela makan, kemudian berlanjut ke 18-6, 20-4 dan 24 jam puasa dengan sekali makan. Cara menjalankan OCD dapat ditemukan di situs resminya www.readyforfit.com.


No comments:

Post a Comment