Powered by Blogger.

Cara Merawat AC Mobil

tips  memelihara dan merawat ac mobil
Air Conditioner atau AC menjadi aksesoris wajib mobil masa kini. Adanya AC memang membuat mobil menjadi semakin nyaman, apalagi bila cuaca sedang panas. Kalaupun pada saat musim hujan adanya AC akan meningkatkan kelembaban dalam mobil. Karena alasan kenyamanan inilah sekarang AC tidak hanya dipasang di mobil pribadi yang mewah, tapi juga setiap mobil, bahkan bus kota. Tentunya kebutuhan AC semakin meroket. Nah, AC bisa juga rusak bila tidak dirawat dengan telaten. Lantas, bagaimana cara merawat AC agar tetap dalam keadaan fit?

Sebelum mempelajari cara merawat AC mobil, sebaiknya kita belajar tentang komponen AC terlebih dahulu. Pertama, ada compresor yang berfungsi mengompres gas pendingin atau Freon. Kedua kondensor adalah tempat mengalirnya udara panas. Selain itu kondensor juga bertugas mendinginkan refrijeran hingga mengembun. Kondesor biasanya dipasang di depan radiator. Ketiga adalah evaporator yaitu tempat untuk menguapkan refrijeran dari udara yang mengalir. disinilah angin dingin berada yang kemudian ditiup kipas ke ruangan mobil. Selanjutnya adalah akumulator yang menjadi tempat penyimpanan refrijeran sebelum diuapkan di evaporator. Terakhir adalah ekspansi yang bertugas mengatur temperature di dasbor.

Na, setelah mengetahui bagian-bagian dari air conditioner kita akan membahas tentang cara merawat AC agar tetap awet. Diharapkan untuk tidak membuka jendela mobil saat AC dinyalakan karena akan merusak mesin. Pengemudi dan penumpang juga tidak diperbolehkan merokok di dalam mobil ber-AC yang dapat  menyebabkan kebakaran. Servis AC secara berkala 6 bulan sekali. Servis ini akan membersihkan mesin AC sehingga tetap nyaman digunakan. Segera masukkan bengkel bila ada masalah seperti keluar tetesan air sebelum benar-benar rusak.
Periksa pendingin AC secara berkala. Bila tidak ada gelembung-gelembung air berarti AC mobil Anda perlu diberi pendingin (cairan kosong). Untuk mengetahui apakah AC mobil masih bekerja baik atau tidak adalah dengan membandingkan pipa saluran masuk dan keluar. Bila suhu udara pada kedua pipa sama berarti AC sedang bermasalah. Cobalah periksa bagian dalam untuk mengetahui dimana letak masalahnya. Bila kompresor mengeluarkan bunyi keras saat AC mobil dihidupkan menandakan kalau sedang rusak. Mungkin ada banyak debu, kotoran atau masalah lain. untuk melindungi konpresor agar tetap awet usahakan selalu membersihkannya dari debu dan kotoran. Bersihkan pipa saluran AC secara berkala. Baca petunjuk pemakaian dengan seksama dan terapkan pada AC mobil Anda. Untuk mengetahui kecukupan cairan pendingin bisa dilakukan dengan mematikan mesin mobil, kemudian periksa kaca tabung. Apabila ada embun pada kaca berarti cairan sudah cukup. Namun, bila kaca tetap jernih berarti cairan kurang.
Sekian tips sederhana merawat AC mobil untuk kenyamanan berkendaraan. Dengan perawatan tepat maka AC tetap dapat dinikmati pengendara bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment