Powered by Blogger.

Cara Merawat Mobil Baru

tips cara merawat mobil baru
Betapa senangnya memiliki mobil baru. Agar tetap terlihat baru dan nyaman dipakai perlu perawatan yang tepat. Bila tidak, baru dipakai sebentar saja mobil sudah rusak. Sangat rugi bukan bila hal ini terjadi?
Pada dasarnya merawat mobil baru terdiri dari dua hal, yaitu perawatan luar dan perawatan dalam. Perawatan luar bertujuan agar bodi tetap mulus dan warna tetap kinclong. Cara pertama yang perlu dilakukan adalah teratur mencucinya. Mencuci akan menghilangkan debu-debu yang menempel. Debu inilah yang akan membuat mobil terlihat kusam bila tidak dibersihkan. Kedua, hati-hati mengendarainya, jangan sampai tergores atau menabrak agar tetap halus. Tiap satu bulan sekali lakukan wax mobil agar permukaan tetap kinclong. 
Selain penampilan luar, penampilan dalampun juga harus dijaga. Caranya dengan mengelap jok mobil dengan kain basah. Lap juga aksesoris depan dan usahakan tidak banyak barang berserakan disitu. Bersihkan pula karpet bawah mobil dari sampah dan kotoran yang menempel. Dengan cara ini mobil akan tetap terlihat baru dari penampilan luar dan dalam. Kalau perlu bersihkan debu jok dengan alat penyedot debu. Bila Anda takut warna jok memudar bisa menggunakan pelindung jok yang mudah diganti. 
Selain penampilan, mesih juga harus dijaga agar tetap halus dan nyaman. Pertama, jalankan mobil perlahan di jalanan yang halus hingga mencapai kilometer tertentu sesuai dengan petunjuk dari pabrik. Kedua, perhatikan volume bensin pada mobil. Jangan sampai mobil kehabisan bensin yang membuat mesinnya cepat rusak. Isikan bensin sebelum benar-benar habis, mungkin tinggal sepertiganya saja sudah harus diisi. Ketiga, cek aki, kapan harus diganti dan diisi. Keempat, jangan biarkan mobil berjalan tanpa dipanasi. Ini akan membuat mesin cepat rusak. Panaskan dulu mobil sebelum digunakan atau panaskan setiap pagi. Kelima, jangan biarkan mesin mobil mati dalam waktu yang lama agar residu bahan bakar tidak lengket yang menyebabkan mesin rusak. Membiarkan mobil mati dalam waktu lama juga menyebabkan boros bahan bakar saat digunakan. Selanjutnya, cek penyimpanan air wiper secara rutin. Jangan biarkan ban kempes. 

Segera isi angin ban bila dirasa sudah berkurang agar ban tidak mudah rusak dan Anda tetap nyaman mengendarainya. Namun, jangan berlebihan dalam mengisi angin agar tidak terasa keras di jalan. Terakhir, perhatikan oli mobil. Miliki alarm pengingat kapan harus mengganti oli agar tetap nyaman berkendaraan. Usahakan mesin mobil tidak sering kemasukan air dengan menghindari genangan air di jalanan. Segera perbaiki bila dirasa mesin bermasalah karena kemasukan air saat hujan.
Bila dirawat dengan telaten, mobil Anda akan selalu terlihat baru dan awet meskipun sudah lama. Dengan perawatan optimal Anda juga bisa berhemat karena tidak perlu selalu mengganti mobil akibat kelalaian. 

No comments:

Post a Comment