Powered by Blogger.

Mengenali Masalah Mobil Melalui Asap Knalpot

warna asap knalpot mobil ciri mobil baik atau rusak
Untuk beberapa masalah pada mobil, kita dapat mengenalinya berdasarkan asap yang dikeluarkan oleh knalpot mobil. Utamanya jika knalpot mobil anda sudah mulai mengeluarkan asap, artinya mobil anda sudah meminta untuk diberi perhatian yang lebih. Karena, biasanya asap pada knalpot merupakan sinyal bahwa mesin mulai mengalami masalah. Secara umum kita bisa mengenali masalah yang dihadapi oleh mesin mobil kita berdasarkan asapnya. Warna asap yang menjadi petunjuk tersebut biasanya ada tiga yaitu warna witam, putih dan biru. Dengan mengenalinya anda bisa dengan mudah memperkirakan masalah sebenarnya yang terjadi pada mesin mobil anda untuk segera anda bawakan ke bengkel langganan anda.

1. Asap putih
Asap putih, biasanya muncul karena rusaknya komponen mesin, khusunya pada ring seher dan ring piston. Hal ini mungkin adalah hasil dari penumpukan kondensasi normal di dalam sistem pembuangan. Ini bisa jadi karena embun atau uap air yang terperangkap di knalpot. Untuk keadaan ini, anda tidak perlu khawatir, karena ini masih dalam batas wajar. Namun jika asap putih tersebut justru semakin tebal, maka dapat dipastikan bahwa cairan yang berasal dari sistem pendingin (radiator coolant) ikut terbakar bersama pasokan bahan bakar didalam mesin. Hal ini dapat menjadi masalah serius seperti kerusakan pada kepala gasket kepala, kepala silinder yang rusak, atau blok mesin retak - yang semuanya butuh perbaikan yang mahal.

2. Asap hitam
Jika asap knalpot berwarna hitam biasanya berarti mesin mobil anda mengalami pembakaran bahan bakar terlalu banyak. Selain itu, adapun alasan lainnya yang menjadi penyebab dari masalah tersebut, seperti tersumbatnya jalur bahan bakar. Namun asap hitam yang keluar dari knalpot itu, biasanya lebih mudah untuk didiagnosa dan diperbaiki.

3. Asap biru
Asap berwarna biru merupakan gejala terbakarnya oli bersama dengan bahan bakar didalam ruang bakar mesin. Apa yang terjadi adalah bahwa valve guide seals atau ring piston mengalami aus, dan minyak bocor dimana seharusnya melumasi bagian yang bergerak, ke ruang pembakaran di mana itu dibakar dengan bensin. Masalah ini umum terjadi pada mobil yang sudah berumur dikarenakan jarak tempuh dan dipercepat oleh riwayat penggunaan yang kurang baik, seperti terbiasa mengemudi dengan rpm tinggi sehingga komponen yang bergesekan lebih cepat aus. Biasanya untuk hal ini butuh perhatian sesegera mungkin dan biasanya cukup merogoh kocek anda, termasuk pada beberapa suku cadang internal, jika kendaraan anda agak lawas dan pada kebocoran minim, dapat lakukan perawatan dengan cara topping up pelumas secara teratur.

Namun selain dari ketiga warna asap di atas anda mungkin akan menemui knalpot anda mengeluarkan asap abu-abu. Untuk yang satu ini biasanya agak susah untuk mendiagnosa masalah mesinnya secara langsung. Anda dapat memeriksakannya pada mekanik kepercayaan anda untuk mengecek sendiri masalh mesin mobil anda.

No comments:

Post a Comment