Powered by Blogger.

Puasa Menyehatkan Jantung dan Mencegah Stroke


Puasa merupakan kegiatan menahan makan, minum, hawa nafsu jahat serta menahan diri dari semua yang membatalkannya dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa biasa dilakukan oleh berbagai umat beragama dengan aturan dan tata cara yang berbeda-beda.

Dengan melaksanakan puasa secara rutin dan teratur akan meningkatkan kesehatan Fisik maupun Mental serta menjaga dan memelihara tubuh dari serangan berbagai macam penyakit Jasmani maupun Rohani.

Diantara manfaat dan khasiat puasa, diantaranya :


Pengaruh atau dampak Puasa terhadap Sifat dan Tingkah Laku Sehari-hari :
  • Menjadi lebih sabar dan bijaksana, dengan menjaga mulut untuk tidak mengatakan kata-kata yang tidak bermanfaat maka orang yang berpuasa akan selalu berusaha untuk tidak menyakiti orang lain dengan perkataannya dan akan menjadi lebih bijaksana dalam berbicara dan berdebat.
  • Jauh dari pertengkaran dan perselisihan, dengan menahan segala tingkah laku dan perbuatan salah, maka orang yang berpuasa akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak bertengkar atau tidak melakukan hal-hal yang merugikan bagi dirinya maupun orang lain.
  • Membersihkan pikiran-pikiran kotor, jahat atau porno dari dalam hati dan pikiran, selama berpuasa, seseorang harus menahan diri untuk tidak mengikuti hawa nafsu dalam ucapan maupun perbuatan sehingga harus memikirkan segala hal yang baik dan bersih sehingga tidak memancing untuk membangkitkan hawa nafsu jahat.
  • Berpikir dan bertindak positif, dengan puasa diwajibkan untuk menahan hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa, maka untuk mencegah hawa nafsu yang merugikan maka orang yang berpuasa akan berusaha untuk selalu berpikir dan bertindak positif.
  • Mendidik untuk selalu jujur dalam segala hal.
  • Mendidik untuk tepat janji.


Pengaruh puasa terhadap kesehatan tubuh :
  • Memelihara kesehatan Jantung serta mencegah dan mengobati penyakit Jantung, puasa dapat menurunkan glukosa dan berat badan secara alami, saat puasa tubuh mengalami peningkatan LDL (lipoprotein densitas rendah) dan penurunan HDL (lipoprotein densitas tinggi) sehingga baik untuk kesehatan Jantung.
  • Memelihara fungsi hati dan meningkatkan kinerja sel, Pola makan saat sahur dan berbuka akan membentuk dan mensuplai asam lemak dan asam amino yang penting bagi kinerja sel serta dapat mengurai dan membuang sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Sel yang meti mencapai 125 juta perdetik dan akan mengalami peremajaan lebih baik dan banyak lagi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, limfosit akan meningkat 10 kali lipat saat sedang puasa dan terjadi peningkatan pada sel T. Kadar apo-betta menurun dan apo-alfa meningkat sehingga baik untuk kesehatan pembuluh darah.
  • Menjaga metabolisme dalam tubuh, terjadi penurunan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar.
  • Meningkatkan kesuburan dan gairah seks, terjadi pembentukan sperma karena perubahan hormon hipotalamus pituatari testicular dan pengaruh testis. Terjadi peningkatan hormon testosteron yang mempengaruhi gairah seksual.
  • Mengontrol adrenalin, puasa dituntut untuk menahan diri dari marah. marah dapat meningkatkan adrenalin 20-30 kali lipat sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah perifer dan melebarkan pembuluh darah koroner serta meningkatkan tekanan darah arteri yang akan mempengaruhi fungsi dan kinerja Jantung.
  • Mencegah dan Mengobati penyakit Stroke, dengan ketenangan yang diperoleh saat puasa sehingga sistem saraf dan pembuluh darah dalam tubuh menjadi berfungsi secara normal dan baik, adrenalin normal sehingga kolesterol menurun yang akan mengoptimalkan kinerja Jantung dan Mencegah dari stroke.
  • Pada Ibu hamil dan menyusui, berdasarkan penelitian antara ibu hamil dan menyusui yang berpuasa dan yang tidak, ternyata tidak mempengaruhi asam lemak bebas, keton, beta hidroksi butirat, insulin, glukosa serum, hormon tiroksin dan alanin.
  • Mencegah pengasaman dalam darah, proses asam amino teroksidasi dengan lambat dan tidak ada peningkatan zat keton dalam darah.

No comments:

Post a Comment