Powered by Blogger.

Tips dan Trik Mengendalikan Marah dan Meredam Emosi

Marah merupakan keadaan emosi yang memuncak karena sedang menghadapi suatu masalah atau perselisihan dengan orang lain. Marah sangat tidak baik bagi kesehatan, dampak buruk marah sangat banyak dan dapat merusak hubungan silaturahim seseorang dengan siapapun.

Setiap orang memiliki cara dan trik masing-masing dalam mengendalikan emosi dan meredam rasa marah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan marah atau emosi yang tidak terkendali, antara lain:

Tips Trik Meredam marah dan emosi
  • Sadar, ketika amarah sudah mulai naik, kita harus sadar bahwa amarah kita akan naik. Sehingga kita dapat mengontrolnya dengan menyadari dengan sepenuh hati dampak buruk yang akan ditimbulkan apabila kita marah, baik untuk diri sendiri maupun orang lain disekitar kita atau lingkungan kita.
  • Mengatur Nafas, ciri-ciri orang akan marah adalah nafasnya semakin cepat dan tidak teratur serta nada bicara akan semakin tinggi dan tidak teratur juga. Sehingga apabila sudah merasakan perasaan atau ciri-ciri seperti ini maka sebaiknya aturlah nafas dengan menarik nafas dalam-dalam dan perlahan-lahan sambil menurunkan nada bicara atau lebih baik diam sampai irama nafas kembali normal.
  • Mengalihkan Perhatian, Ketika marah sudah memuncak, cobalah untuk mengalihkan fokus perhatian untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat untuk menyelesaikan masalah atau melampiaskan amarah dengan memikirkan dan mengerjakan hal-hal yang mendukung untuk penyelesaian masalah.
  • Olah raga, selain mengalihkan pikiran dan kegiatan kepada yang lebih bermanfaat, Olahraga merupakan kegiatan yang sangat tepat untuk mencairkan darah yang sedang memuncak akibat marah.
  • Diam, cara mengendalikan amarah yang tercepat adalah DIAM. Apabila amarah sudah membuat kita mengeluarkan kata-kata kotor dan dapat menyakiti hati orang lain, maka sebaiknya diam untuk membuat suasana menjadi tenang terlebih dahulu.
  • Jangan banyak menyalahkan, Apabila sudah marah lebih baik banyak instropeksi diri dan mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah daripada banyak menyalahkan orang lain apalagi menyalahkan keadaan karena setiap masalah yang terjadi hanyalah ujian untuk menjadikan diri sebagai pemimpin, minimal pemimpin bagi diri sendiri dalam menyelesaikan masalah dan mengendalikan emosi amarah yang biasanya sangat sulit untuk ditahan.
  • Tidak Dendam, Jangan menyalahi seseorang dan jangan mencari-cari kesalahan orang karena akan memicu rasa marah yang berlebihan dan berbekas sehingga menimbulkan dendam. Dendam akan menambah masalah karena apapun kebaikan yang muncul dari seseorang akan tetap terlihat buruk bagi pendendam serta akan menambah amarah yang berdampak buruk bagi diri sendiri baik fisik maupun mental.
  • Ingat mati, dengan banyak mengingat hal yang satu ini akan mampu meredam amarah dengan sangat baik, apapun bentuk amarah serta apapun bentuk masalahnya, marah yang kecil ataupun marah besar, seharusnya reda apabila ingat mati. Marah akan menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan Fisik maupun Mental. Organ vital akan mengalami kerusakan fatal akibat marah, nafas yang tidak teratur menyebabkan gangguan pada tekanan darah dan pembuluh darah sehingga akan menimbulkan gangguan Jantung dan dapat menyebabkan stroke serta berbagai penyakit mental lainnya karena stres akibat marah.

No comments:

Post a Comment