Powered by Blogger.

Nitrogen Dapat Menjaga Tekanan Ban Mobil Lebih Stabil


Gas Nitrogen semakin banyak tersedia di POM bensin dan bengkel-bengkel mobil. Walaupun harga Nitrogen jauh lebih mahal dibanding dengan udara biasa, Namun manfaat yang dirasakan dari penggunaan Nitrogen pada ban mobil sebanding dengan ongkos yang dikeluarkan. Hanya saja Manfaat Nitrogen belum terlalu diketahui oleh masyarakat luas.

Nitrogen dapat membuat tekanan ban lebih stabil serta dapat mengurangi terjadinya korosi pada velg ban mobil. Selain itu, beberapa manfaat dan keunggulan Nitrogen, diantaranya :

manfaat dan keunggulan nitrogen pada ban kendaraan

  • Molekul Nitrogen lebih padat, tekanan ban lebih stabil dan tahan lama karena molekul yang padat tidak mudah keluar dan elastisitas ban lebih baik, sehingga bantingan suspensi mobil lebih lembut.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi lebih cepat dibanding pengisian biasa.
  • Nitrogen dapat menjaga suhu dalam ban tetap rendah sehingga ban tidak mudah meledak.
  • Selain dingin, Nitrogen murni bersifat kering sehingga mencegah terjadinya korosi pada velg mobil.
  • Nitrogen dapat menutupi pori-pori ban mobil sehingga tekanan ban mobil dapat bertahan sampai satu bulanan.


Apabila ban nitrogen kempes dan sulit untuk mendapatkan bengkel atau pom yang menyediakan Nitrogen, maka dapat mengisi atau menambah dengan udara biasa. Apabila sudah menemukan tempat yang menyediakan Nitrogen, maka sebaiknya langsung diisi ulang dengan Nitrogen Murni.

Biaya awal pengisian Nitrogen dari tekanan nol biasanya dikenakan tarif 10-20 ribu rupiah. Sedangkan untuk menambah tekanan ban yang sudah terisi Nitrogen hanya dikenakan biaya 3-5 ribu rupiah. Ciri-ciri ban mobil yang sudah diisi dengan Nitrogen, Tutup pentil ban mobil akan diganti dengan tutup khusus berwarna hijau.

No comments:

Post a Comment