Powered by Blogger.

Perawatan Rutin Mesin Mobil

tips perawatan rutin mesin mobil
Mesin mobil tentunya merupakan bagian paling utama dalam sebuah mobil. Karenanya perlu dilakukan perawatan mesin secara rutin merupakan sebuah keharusan bagi anda yang memilikinya. Selain tentu saja memperpanjang usia penggunaan, perawatan mobil secara rutin tentunya akan memberikan rasa nyaman pada mesin ketika dikendarai, juga akan lebih membuat anda lebih aman ketika anda berkendara dijalanan. Karena faktanya, sebagian kecelakaan dijalanan terjadi karena malfungsi pada mesin mobil. Perawatan yang diberikan tidak harus perawatan ala mekanik yang mengharuskan anda menguasai betul ilmu otomotif. Perawatan pada mobil anda bisa anda lakukan dengan cara sederhana namun rutin. 

Tips merawat mobil berikut adalah beberapa tips merawat mesin mobil dengan cara yang sederhana.

1. Periksa oli
Oli termasuk sesuatu yang vital pada mesin, karena oli berperan mengurangi gesekan2 internal di dalam mesin. tanpa adanya oli,gesekan2 ini akan membuat komponen mesin2 tertentu cepat rusak atau aus.Dengan kata lain,keberadaan oli akan membuat mesin lebih awet.pada dasarnya sebuah Mobil memerlukan oli dengan kekentalan tertentu. akibat adanya pembakaran didalam mesin ketika Mobil akan dijalankan akan membuat tingkat kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli berubah,sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli di dalam mesin tidak lagi sesuai dengan kondisi internal mesin. Karenanya penggantian oli mesin mobilharus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak tempuh kendaraan setiap 3.000 sampai 5.000 mil sekali

2. Radiator
memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran,pengurasan,dan penggantian air. Radiator juga merupakan bagian penting pada mobil, karena radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin,artinya radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating). Dengan pemeriksaan rutin maka performa radiator sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga. 

3. Mengecek starter pada mobil.
Bila mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat.

4. Membersihkan mesin mobil
blok mesin dibersihkan dengan engine degreaser, lalu dilapisi lagi dengan sabun colek untuk menghaluskan permukaan bodi blok mesin tersebut. Atau bisa juga dengan sikat halus yang sudah dilapisi sabun, kemudian digosokkan ke bagian blok mesin. Untuk bagian yang sulit terjangkau, cukup menggunakan kuas lukis atau kuas cat. Pembersihan mesin mobil pun perlu dilakukan agar selain mesin tampak bersih namun juga awet.

5. Penarikan Gas dengan Kuat
Penarikan gas yang kuat ketika kendaraan melaju dapat membuat karak pada ruang pembakaran semakin berkurang,tetapi lakukan hal ini sesekali saja.

No comments:

Post a Comment