Powered by Blogger.

Tips Merawat Ac Mobil

Pendingin udara dalam mobil berperan besar dalam memberikan kenyamanan bagi pengendara. Selain mengatur suhu di dalam mobil agar nyaman, AC juga dapat mengurangi tingkat kelembaban udara misalnya saat di luar terjadi hujan deras. Dalam merawat AC, tentu perlu ada penanganan rutin untuk membersihkan komponennya yang kotor. 

Namun, selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar AC lebih awet. Berikut adalah tips merawat ac mobil anda:

1. Hidupkan motor dan AC mobil selama beberapa menit. Lalu periksa cairan pendingin melalui kaca di atas tabung. Jika terjadi gelembung-gelembung udara di dalam cairan itu berarti cairan pendingin volumenya kurang. Jika tidak terjadi gelembung-gelembung udara maka mungkin jumlah cairan pendingin sudah cukup atau kosong sama sekali. Karenanya lakukan isi ulang pada refrigerant ac mobil anda.

2. Bila selama AC dihidupkan kompresor mengeluarkan bunyi yang keras dan tidak halus maka mungkin sekali hal itu disebabkan kompresor yang tidak bekerja dengan baik. Atau bisa juga disebabkan karena otor blower AC bunyi. Karena blower kotor atau terdapat serpihan kertas, daun atau plastik yang tersangkut pada kisi-kisi blower AC yang berada pada ruang kabin mobil. Jika hal tersebut terjadi periksa tiap komponen utama ac yang menjadi sumber bunyi. Jika penyebabnya adalah blowernya, bersihkan blower dan kisi-kisi saluran ac.

3. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

4. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.

5. Pengharum atau wewangian mobil yang mutunya kurang bagus dapat menimbulkan baud an menyebabkan kotoran dalam evaporator ac. Hindari pula merokok di dalam mobil. Nikotin dalam asap rokok bersifat lengket dan berlendir bila menempel pada evaporator. 

6. Anda harus selalu menjaga tekanan di pendingin AC dengan cara minimal menjalankan AC sebulan sekali selama 10 menit. Ini mencegah selang – selang mengeras dan sil menjadi rusak. Saat ini, Anda harus mengeset AC ke posisi paling dingin, dan kecepatan fan paling kencang.

7. Keringkan evaporator setelah Anda menjalankan AC untuk waktu yang lama. Jalankan defrost selama 5 – 10 menit untuk menghilangkan kelembaban yang tersisa. Ini juga mencegah bau yang tidak sedap di AC mobil Anda.

8. Servis AC berkala setiap minimal enam bulanServis AC berkala setiap minimal enam bulan

No comments:

Post a Comment