Powered by Blogger.

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Otak dan Jantung

tidur siang untuk mencegah penyakit jantung dan meningkatkan kinerja otak
Tidur siang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan ketegangan dan meningkatkan daya ingat. Tidur siang biasanya dilakukan antara jam 10 pagi sampai jam 3 siang, namun sekarang karena rutinitas lebih banyak dilakukan pada jam 8 sampai jam 5 sore maka lebih banyak orang yang memanfaatkan waktu istirahat siang untuk melakukan tidur siang yakni sekitar jam 12 sampai jam 1 siang.

Tidur siang tidak membutuhkan waktu yang lama, karena tidur sebentar di siang hari sekitar 15 menit sampai satu jam akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini berkaitan dengan aktifitas otak pada saat tidur akan meningkat, otak kanan yang pada saat bekerja lebih sedikit digunakan, namun pada saat tidur otak kanan yang lebih banyak menunjukkan perkembangan. Aktifitas yang dilakukan oleh otak kanan diantaranya berupa dalam hal proses informasi dan pengorganisasian.

Tidur siang dalam waktu sekitar 45 menit akan menghasilkan gelombang pendek yang apabila dilakukan secara teratur maka akan berdampak baik bagi peningkatan daya ingat. Dengan peningkatan daya ingat ini maka otak akan lebih mudah untuk mempelajari hal-hal baru atau dalam menghafal sesuatu hal yang baru seperti menghafal ilmu baru, bahasa inggris, bahasa arab, bahasa cina dan lain-lain. Hal ini dapat terjadi karena ketika tidur siang dalam jangka waktu yang tepat maka otak akan memilah informasi yang diluar batas serta akan terjadi proses penyatuan informasi mengenai hal-hal yang baru dipelajari. 

Selain dapat menguatkan daya ingat, tidur siang dapat membuat seseorang lebih fokus dalam melakukan suatu kegiatan sehingga dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Tidur siang secara teratur dapat mencegah dan mengobati penyakit insomnia dan membuat tekanan darah lebih stabil sehingga orang yang tidur siang emosinya akan lebih terjaga dan akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan sehingga akan menjadi lebih tenang dalam menghadapi berbagai situasi.

Tidur siang yang baik hanya boleh dilakukan antara 15 sampai 1 jam, sebaiknya jangan melakukan tidur siang lebih dari 1 jam karena akan memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Orang yang tidur siang dalam waktu sekitar 30 sampai 45 menit secara teratur setiap hari atau hanya 3 hari dalam seminggu maka menurut penelitian, orang tersebut akan terhindar dari tekanan darah tinggi dan berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Menurut penelitian, orang yang tidur siang dapat mencegah dari penyakit Jantung dan meningkatkan kinerja otak, hal ini apabila dilakukan dalam waktu yang pendek dan teratur. Hal ini terjadi karena dengan tidur siang secara teratur dapat mengganti jam tidur yang kurang sehingga badan akan terasa lebih segar, tekanan darah akan tetap normal, kinerja otak akan lebih baik dan meningkat dan tubuh akan merasa rileks sehingga akan tetap segar dan bersemangat dalam melakukan aktivitas selanjutnya setiap hari.

1 comment:

Anjar Agin said...

sebetulnya pengen banget tidur siang tapi ga ada waktunya :(

mampir ke blog saya kalo berkenan gan --> http://anjaragin.blogspot.com

Post a Comment