Powered by Blogger.

Tips Memilih Bengkel Perawatan Mobil

tips memilih bengkel perawatan mobil
Bukan hanya manusia, mobil memang perlu masuk bengkel untuk dirawat secara periodic. Di bengkel biasanya mobil akan diperiksa apakah mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan pengendara kurang nyaman atau ada kerusakan mesin. Ada dua pilihan bengkel untuk mobil Anda, yaitu bengkel resmi dan bengkel umum. Kedua bengkel ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Berikut keterangannya.
Harga
Tentu harga servis di bengkel resmi lebih mahal daripada bengkel umum. Mengapa? Karena kelengkapan dan pelayananpun berbeda. Biasanya orang lebih suka memasukkan mobilnya ke bengkel umum dengan alasan harga dan bisa tawar-menawar suku cadang (bekas dan bajakan) sehingga tidak perlu membayar mahal. Sebaliknya, di bengkel umum suku cadang selalu asli dan tidak kenal kompromi; kalau rusak sudah tidak mau mengganti dengan bekas atau bajakan alias sesuai prosedur. Inilah salah satu alasan mengapa bengkel resmi cenderung lebih mahal.
Kualitas SDM
Kualitas SDM di bengkel resmi tentu lebing hebat dibandingkan bengkel umu. SDM di bengkel resmi punya sertifikat dan ahli pada merk kendaraan tertentu. Sedangkan di bengkel umum memiliki pengetahuan secara garis besar. oleh karena itu terkadang perbaikan di bengkel umum adalah coba-coba saja. Namun, bila bengkelnya bagus dan teknisinya pintar bisa jadi perawatan bengkel umum punya hasil yang bagus. SDM di bengkel resmipun tidak selamanya professional. Pernah ada kejadian mobil yang diservis justru menabrak avanza dan tidak mau mengganti. Kenyataan ini perlu dipertimbangkan.
Pelayanan
Dilihat dari kondisi tempatnya tentu lebih nyaman di bengkel resmi karena ada ruangan ber-AC, tempat duduk besar, televise, wifi, minuman, dan fasilitas pendukung lain yang membuat Anda betah menunggu perawatan. Sedangkan bengkel umum jarang menyediakan fasilitas tersebut. Itulah salah satu alasan mengapa biaya bengkel resmi lebih mahal.
Kebanyakan bengkel resmi menyediakan pelayanan “janjian”, artinya pelanggan yang ingin memeriksakan mobilnya bisa telpon dan janjian waktu dengan pihak bengkel. Jadi tidak perlu mengantri. Pelayanan seperti ini jarang diterapkan di bengkel umum. Kalau mau dikerjakan dulu berarti Anda harus datang pagi-pagi. Kalau sudah antri bisa jadi menunggu di tempat yang panas, pinggir jalan, dan sebagainya yang kurang nyaman.
Biasanya bengkel resmi memberikan garansi bila ada kerusakan dalam periode tertentu. Ini sebagai bentuk tanggungjawab bengkel. Beberapa bengkel umum juga memberlakukan hal yang sama, namun sebagian besar tidak. Untuk itu cermati pelayanannya bila Anda memilih bengkel umum.
Teknologi
Bengkel resmi menggunakan teknologi canggih dalam peralatannya sehingga memungkinkan untuk menemukan penyakit mobil secara tepat dan memberikan pembenahan yang benar. Alat canggih tersebut jarang dimiliki bengkel umum sehingga terkadang antar apenyakit dan obatnya kurang pas. Inilah kelemahan bengkel umum. Tapi, sekali lagi semua ini adalah pandangan secara umum, mungkin saja ada bengkel umum yang memberikan  pelayanan lebih baik ketimbang bengkel resmi.

No comments:

Post a Comment