Powered by Blogger.

Merawat Mobil Pasca Banjir

merawat mobil pasca banjir
Bila daerah Anda rawan banjir sudah dipastikan akan repot saat hujan tiba. Bagaimana tidak? Selain barang dan rumah terendam banjir, mobil pun juga ikut kebanjiran sehingga menimbulkan dampak buruk. Tapi ada beberapa tips untuk mengurangi resiko kerusakan mobil karena tergenang air banjir.
Bila mobil kesayangan Anda sudah terjebak banjir, maka segera lakukan langkah pengamanan yaitu dengan memutuskan semua sambungan. Tujuannya agar tidak terjadi konslet ketika terendam. Konslet listrik bisa mengakibatkan kerusakan parah pada mesin. Kedua, bungkus jok mobil dengan plastic. Meskipun tampaknya sulit untuk menghalau air, setidaknya plastic bisa mengurangi kotoran yang menempel. 
Apabila banjir sudah lewat dan mobil Anda bisa dialihkan, lakukan pengalihan dengan mendorongnya. Jangan langsung menyalakan mesin untuk memindahkannya karena bisa terjadi konslet aliran listrik. Ini sangat berbahaya pada kondisi mesin. Setelah berada di tempat yang nyaman sebaiknya segera buka mesin dan lepas semua peralatan seperti busi, saluran angin, saringan angin, karbulator, alternator, deco, dynamo starter, v-belt,  dan semua rangkaian kabel kabel mobil. Setelah semua terlepas segera keringkan dengan kompresor atau hair dryer (pengering rambut). Ini penting karena mesin tidak mungkin berjalan dalam keadaan basah.
Buka tangki oli, keluarkan isinya dan bersihkan. Setelah dilanda banjir kemungkinan besar oli sudah bercampur air. Mau tidak mau Anda harus mengganti oli dengan yang baru. Selain oli, Anda juga perlu menguras tangki bahan bakar yang tentu juga sudah kemasukan air. Bila masih ada sisa bahan bakar keluarkan dengan selang kecil kemudian ganti dengan yang baru agar tidak merusak mesin. Bahan bakar yang tercampur air akan menyebabkan mobil mogok.
Cuci seluruh bagian mobil mulai dari luar hingga dalam. Keluarkan cover jok, karpet, dan seluruh aksesoris untuk dicuci bersih. Bila tidak dibersihkan mobil akan berbau apek dan berjamur. Setelah dicuci dengan shampoo dan air, keringkan hingga benar-benar kering. Kemungkinan besar mobil Anda telah tercampur lumpur sehingga sulit untuk membersihkannya. Bila tidak ada waktu bisa membawa mobil ke jasa pencucian. Apabila cat mobil rusak akibat korosi dan kotoran bisa melakukan waxing agar penampilan mobil kembali mengkilap. Tentunya Anda harus merogoh kocek lebih dalam.
Pastikan perangkat rem dalam keadaan baik dan siap digunakan. Ini sangat penting untuk menghindari rem blong. Sebaiknya perangkat rem juga dibersihkan dan dikeringkan. Meskipun sudah dibersihkan secara keseluruhan Anda tetap wajib membawanya ke bengkel untuk memastikan semua peralatan dan mesin dalam kondisi normal. 
Merawat mobil yang terendam banjir memang mengeluarkan banyak biasay. Oleh karena itu bila daerah Anda rawan banjir sebaiknya pindahkan mobil ke tempat yang kering daripada terendam. 

No comments:

Post a Comment