Powered by Blogger.

Tips Merawat Aki Mobil

tips merawat aki mobil
Layaknya manusia, mobil juga memerlukan perawatan agar terhindar dari mogok dan kerusakan mesin. Perawatan ini harusnya dilakukan secara menyeluruh meliputi mesin, aksesoris, lampu, bodi, oli, bahan bakar, dan tentunya kelistrikan yang melibatkan aki mobil. Kali ini kita akan membahas mengenai tips merawat aki mobil agar tidak merusak kelistrikan. 
Cek secara berkala
Aki mobil perlu dicek secara berkala meliputi: volume air akinya. Bila sudah menunjukkan nilai minimal segera isi hingga upper. Air aki sangat mendukung adanya hubungan kelistrikan diantara kaki-kaki aki sendiri. Bila air aki kurang bisa menyebabkan kawat melengkung dan mogok, utamanya pada double starter. Saat memberikan cairan aki harus hati-hati karena sifatnya panas bisa melukai diri.
Ganti dengan yang baru
Bila sudah digunakan selama empat tahun aki mobil harus diganti. Ini dikarenakan aki sudah tidk dapat lagi melakukan hubungan kelistrikan secara baik. Bila tidak diganti mobil bisa sering mogok atau terjadi konslet. Daripada terus-menerus keluar uang untuk perbaikan sebaiknya langsung ganti baru saja. Bila kurang dari empat tahun aki sudah sering rusak sebaiknya cek daya bulanan aki di bengkel yang terpercaya. Bila aki sudah tidak mampu lagi menghasilkan daya yang memadai sebaiknya langsung diganti saja.
Bersihkan
Minimal sebulan sekali aki harus dibersihkan. Mengapa? Aki yang lama digunakan akan berkerak (banyak kotoran). Cara mudah membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan baking soda. Sikat gigi aki dengan cairan baking soda tersebut hingga kerak kotoran hilang. Membersihkan aki bisa dilakukan sendiri untuk menghemat biaya.
Rangkaian kabel harus kuat
Arus listrik dari aki dihubungkan melalui kabel untuk menyalakan mesin mobil. Bila kabel penyalur kurang erat arus listrikpun tidak dapat maksimal. Akibatnya mobil kekurangan daya. Ibarat manusia mobil tidak akan punya tenaga. Jadi, pasang kabel aki kuat-kuat atau ganti kabel bila terlihat ada yang lecet.
Hindari Overcharging
Bila Anda mendapati aki mobil pribadi mati, sebaiknya segera menyetrum aki agar mendapatkan aliran kelistrikan kembali. Tapi perlu hati-hati dalam melakukannya. Jangan ditinggal terlalu lama atau bahkan kelupaan karena me-ngecharge aki terlalu lama justru akan merusak komponen yang ada dalam aki tersebut. 

Letakkan dengan benar, setelah melakukan pengecekan dan membersihkan aki mobil kembalikan aki pada tempatnya. Letakkan aki mobil pada dudukannya dengan tepat. Jangan sampai bergeser dari dudukan yang menyebabkan kerusakan pada komponen lain di sekitarnya. 

Begitulah teknik merawat aki mobil Anda. Saat melakukan pengecekan terhadap aki pekerja dilarang keras merokok karena api rokok dapat tersulut ke aki yang menyebabkan kebakaran. Behaya bukan? Oleh karena itu jauhkan hal-hal yang dapat menimbulkan api saat berinteraksi dengan aki.

No comments:

Post a Comment