Powered by Blogger.

Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap

tips merawat cat mobil agar tetap mengkilap
Tampilan luar mobil akan menjadi daya tarik pertama. Untuk itu perlu adanya perawatan yang memadai agar mobil selalu terlihat mengkilap dan baru. Salah satu caranya adalah teknik wax. Apa itu teknik wax mobil? Simak artikel berikut ini.
Bukan hanya wajah yang perlu mulus, mobil juga demikian. Polusi udara, kotoran, genangan air, dan sinar matahari akan menyebabkan flek pada mobil dan memudarkan warnanya. Untuk mendapatkan warna mobil kembali kinclong diperlukan perawatan wax yang bertujuan menghilangkan berbagai noda yang menempel sekaligus memperbaiki cat mobil. 
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum waxing adalah pencucian. Mobil perlu dibersihkan dari debu terluar. Selancutnya dilakukan proses clying yaitu menghilangkan kotoran yang tidak kasat mata namun dapat diraba. Kotoran ini tentu lebih membandel sehingga tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci mobil. Kedua adalah compounding yang bisa dilakukan setelah mobil benar-benar kering dan bebas debu. Bila masih ada debu menempel maka cara ini akan sia-sia. Setelah diberi compound segera keringkan dengan MF.
Untuk menghilangkan garis-garis halus akibat proses compounding bisa dilakukan teknik polishing sehingga cat akan terlihat halus dan menyatu. Setelah dilakukan polis segera seka sebelum mongering dengan sendirinya. Nah, bila keseluruhan dari proses sudah selesai baru dilakukan proses wax. Ada berbagai pilihan wax untuk mobil kesayangan. Biasanya wax yang dipilih orang Indonesia adalah wax yang gloss karena terlihat natural. Sebenarnya ada pilihan lain bila Anda merasa bosan dengan wax gloss. 
Cara melakukan wax pad amobil adalah dengan mengaplikasikan wax yang telah dipilih pada foam. Sebaiknya beri wax tipis saja karena bila terlalu tebal kurang terlihat menyatu. Aplikasi wax pada pad juga harus merata. Kemudian gerakkan pada mobil secara maju-mundur atau spiral. Setelah itu biarkan wax mengering sebelum akhirnya diseka dengan MF. Bila hasil wax yang pertama dirasa kurang bisa ditambah lagi dengan lapisan kedua. Tapi perlu diingat bahwa pemberian wax untuk yang kedua harus menunggu wax pertama kering. Bila tidak wax yang pertama dan kedua justru bisa rusak (kurang halus). Untuk itu, tunggulah sekitar 10 jam kemudian. 
Hal penting yang perlu diperhatikan saat wax mobil adalah memastikan semua alat yang digunakan dalam keadaan bersih dan bagus. Karena bila masih kotor atau rusak akan menimbulkan garis pada cat mobil atau justru membuat mobil terkena flek. Kedua, dalam tahap pencucian gunakan shampoo wash and wax agar sesuai dengan keperluan. Terakhir, pastikan mobil benar-benar dalam keadaan bersih sebelum di wax karena melakukannya dalam keadaan kotor akan memberikan hasil negatif seperti mudah wax mudah rusak dan kurang menyatu dengan cat.

No comments:

Post a Comment