Powered by Blogger.

Tips Merawat Interior Mobil

cara merawat interior mobil
Selain mesin, interior mobil juga perlu dirawat agar tetap bersih dan awet. Merawat interior mobil sebenarnya tidak perlu ke bengkel, cukup diri sendiri dengan peralatan simple. Asalkan dilakukan secara teratur pasti mobil terlihat bersih dan cantik, juga tetap tampil baru meski sudah berumur.

Alat yang diperlukan untuk merawat interior mobil tidak banyak, yaitu: lap kering, air hangat, cairan pembersih, kemoceng, kuas halus, sapu lembut dan vakum cleaner bila ada. Untuk pembersih bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Pilihlah pembersih yang bahan kimianya tidak keras. 

Pertama bersihkan jok mobil dengan kanebo (lap kering) yang dimasukkan air hangat, lalu peras. Berikan sedikit pembersih dan lap pada bagian yang masih terjangkau. Untuk bagian yang sulit dijangkau bisa menggunakan vakum cleaner. Setelah seluruh jok mobil selesai dibersihkan selanjutnya adalah karpet mobil. Bila karpet terlihat sangat kotor sebaiknya dicuci dan disikat. Namun, bila masih terlihat bersih bisa disapu dengan sapu khusus berbulu halus dan dilap dengan kain bersih yang sudah dicelup air dan diperas.
Perawatan dasbor dimulai dari membersihkannya dengan kemoceng dari sampah berserakan dan debu. Dasbor biasanya terlihat kotor dan kusam bila sering terkena sinar matahari saat berkendaraan atau saat parkir di tempat panas. Setelah dashboard bersih dari sampah selanjutnya dilap dengan kanebo yang diberi cairan pembersih atau dicelup air hangat. Bersihkan dashboard perlahan satu arah. Lap yang digunakan harus benar-benar lembut karena permukaan kasar bisa membuat dashboard terbaret. Setelah dibersihkan dengan cairan pembersih segera bilas dengan air hangat yang bersih dan dikeringkan. Membiarkan dashboar basah dalam waktu lama justru meningkatkan kotoran. Untuk bagian rumit seperti AC mobil atau lipatan lain dibersihkan dengan kuas halus.
Bersihkan kaca mobil dari dalam dengan cairah pembersih kaca agar terlihat jernih. Jangan terlalu banyak memberikan cairan karena akan menimbulkan flek. Hindair membersihkan kaca mobik dengan air biasa karena justru membuat kaca menjadi buram.
Langit-langit mobil juga perlu dibersihkan dengan lap bersih dan cairannya seperti membrsihkan jok mobil. Setelah disikat dan dibersihkan sebaiknya segera dikeringkan dengan lap yang kering. Jangan sekali-kali memakai vakum cleaner untuk membersihkan plafon karena menyebabkan plafon terangkat dan membentuk gelembung. Kalau sudah begini berarti plafon rusak. Bila ada AC di bagian atas sebaiknya bersihkan dengan kuas sampai ke bagian tersempit. Kaca lampu dalam mobil juga sebaiknya dibersihkan dengan lap saja. Membersihkan lampu dengan air akan menyebabkan konslet. 
Rawatlah interior mobil Anda minimal dua bulan sekali. Bila sewaktu-waktu ada kotoran yang hinggap sebaiknya segera dibersihkan, misalnya ada es krim atau coklat jatuh di jok, terkena darah atau pewarna lain. Merawat interior secara berkala akan mempermudah perawatan selanjutnya.

No comments:

Post a Comment