Powered by Blogger.

Manfaat Gula Merah - Gula Aren

Gula berwarna coklat yang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia yakni gula merah merupakan pemanis yang terbuat dari nira tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren dapat digandeng dengan berbagai jenis gula dari olahan nira, berasal dari cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon jenis palem, diantaranya aren dan tumbuhan kelapa.

Cara membuat gula merah

Dari Bunga yang belum mekar dipres dan diikat dengan dua batang kayu pada bagian pangkalnya sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat sehingga sari makanan menumpuk menjadi cairan gula menyebabkan mayang membengkak yang berisi cariran gula. Menampung cairan secara bertahap menggunakan tampungan dari olahan daun pohon palem tersebut, kemudian memanaskan cairan sampai kental. Setelah kental, cairan dimasukkan ke dalam wadah yang terbuat dari daun palem yang siap untuk dijual.
manfaat gula merah - cara pengolahan gula aren

Cara Membuat Gula Aren

Mencegah nira mengalami peragian pada bunga jantan tumbuhan enau yang ditempatkan dalam bumbung bambu yang sudah dicampur laru yang berfungsi sebagai pengawet alami atau kawao untuk mencegah fermentasi nira. Kemudian nira direbus dengan api yang tidak besar agar api tidak masuk ke dalam wajan sampai membakar gula yang sedang dimasak karena dapat menyebabkan gula hangus sehingga rasa gula aren menjadi pahit dan warna gula yang terbakar menjadi hitam. Ciri gula aren sudah berhasil bila berat ketika diaduk dan kalau diambil dari wadah kemudian dimasukkan kembali maka adukan gula akan putus-putus maka adonan dapat dicetak.


Manfaat Gula Aren

Gula aren dapat digunakan sebagai pemanis makanan, diantaranya dicampurkan pada makanan sejenis cendol, es teller, es oyen, es cendol dan makanan olahan campuran lainnya. Gula aren dapat menjaga kesehatan organ-organ tubuh karena mengandung banyak serat yang baik untuk system pencernaan, vitamin B1-3, B12, Vitamin C sangat baik untuk system pertahanan tubuh, asam amino esensial system pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh. Kegunaan gula aren juga dapat mencegah penyerapan kolesterol oleh tubuh. Gula yang rendah kalori dan mengandung banyak zat anti oksidan sehingaa dapat mencegah serangan berbagai macam penyakit sehingga dapat meningkatkan usia harapan hidup.

Manfaat Gula Merah


Selain sebagai bumbu masak dan sebagai bahan baku pembuatan kecap manis, gula merah juga dapat dimanfaatkan sebagai pendingin perut. Gula merah mengandung selenium sehingga dapat merefleksi saraf-saraf tubuh, sehingga dapat membuat tenang dan rileks pada tubuh. Gula merah juga dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit insomnia karena efek relaksasi pada saraf otot dan otak. Dapat digunakan bagi yang sedang programdiet karena termasuk gula rendah kalori.  Kandungan zat besi dapat mencegah dan menyembuhkan seseorang dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah. Gula merah juga tinggi kandungan anti oksidan sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga mampu meningkatkan vitalitas tubuh dan menambah nafsu makan. Selain itu, gula ini bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak tak jenuh. Manfaat penting gula merah yaitu dapat memelihara kesehatan limpa, melancarkan sistem peredaran darah, dapat mengurangi rasa nyeri dan menjaga kesehatan organ pencernaan

No comments:

Post a Comment