Powered by Blogger.

Merawat Rem Mobil

merawat rem mobil
Rem mobil adalah salah satu bagian yang terpenting dari mobil anda. karena tentu saja, rem adalah perangkat keamanan yang sangat penting untuk melindungi keselamatan anda dalam berkendara. Karenanya perawatan rem mobil adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Penyebab kecelakan di jalanan yang paling sering terjadi adalah rem yang blong, maupun rem yang mengalami mal fungsi seperti mengunci sendiri saat mengerem. Tips merawat mobil kali ini akan membahas tips untuk merawat rem mobil anda. berikut adalah beberapa tips merawat mobil khususnya rem mobil yang berhasil kami kumpulkan:

1. Ganti minyak rem secara rutin
Umumnya penggantian minyak rem yang baik dilakukan setiap 50.000 km atau setidaknya setiap dua tahun sekali. Gunakan minyak rem yang memang sudah terpercaya kualitasnya, jangan gunakan sembarang produk hanya karena alasan harga namun kualitas nol. Karena tentunya hal tersebut berhubungan dengan keselamatan anda. 

2. Cek minyak rem secara rutin
Selain diganti secara rutin, pengecekan pun perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak terduga yang tidak diinginkan, kebocoran misalnya. Lakukan pengecekan minimal satu minggu sekali atau saat hendak berpergian jauh keluar  kota. Perikasalah permukaan minyak rem anda, jika ada penurunan ketinggian permukaan minyak maka kemungkinannya ada kebocoran pada selang/ saluran minyak rem anda.

3. Ganti brake pad
Gantilah brake pad atau kampas rem secara berkala, umumnya penggantian dilakukan setiap menempuh 20 ribu km sekali atau setahun sekali. Itu untuk penggunaan normal, namun jika medan yang anda tempuh atau penggunaan kendaraan anda lebih berat lagi tentunya pergantian brake pad atau kampas rem dilakukan secara lebih sering lagi. Untuk penggantian material Sepatu rem tromol sebaiknya 4 banding 1, yang berarti bahwa bila kampas rem sudah diganti sebanyak 4 kali, maka sepatu rem tersebut harus diganti  tiap 10000 km sebab bebannya lebih ringan  bila dibandingkan kampas.

4. Periksa piston 
Piston pada rem mobil memiliki fungsi untuk menggerakkan caliper penjepit kanvas ke piringan rem. Kemacetan pada piston rem biasanya dapat menyebabkan rem terkunci saat sedang mengerem, tentunya hal tersebut sangat membahayakan keselamatan anda. penyebab kemacetan pada piston rem mobil biasanya adalah korosi atau karat. 

5. Pantau selalu kinerja rem anda
Ini adalah langkah yang paling sederhana namun paling mudah anda lakukan. Jika anda merasakan keanehan pada rem anda seperti kekerasan injakan rem yang menurun, atau terasa ada getaran ketika anda menginjak rem misalnya. Maka ada baiknya anda segera memeriksa kondisi rem anda, atau jika anda tidak begitu familiar dengan mesin, anda dapat membawa mobil anda ke bengkel langganan anda untuk memeriksakannya.

No comments:

Post a Comment