Powered by Blogger.

Apa Bedanya Lintah Darat dan Bank Konvensional?

Lintah Darat sama dengan Bank Konvensional sama dengan Riba
Apa bedanya Lintah Darat dengan Bank Konvensional dan yang sejenisnya, Lintah darat merupakan sebutan bagi seseorang yang mengambil keuntungan dari meminjamkan uang kepada orang lain dengan meminta pengembalian uang pinjaman sebesar beberapa persen tergantung dari jumlah pinjaman uang selama kurun waktu tertentu, apabila tidak dapat mengembalikan uang pinjaman tepat waktu, maka akan didenda dengan besaran persentase yang sudah ditentukan, sehingga akan semakin besar pengembalian uang sampai 2 kali lipat dari uang pinjaman bahkan lebih.

Lintah darat atau rentenir ini biasanya ditujukan untuk perorangan. Kalau perorangan disebut lintah darat sedangkan yang terorganisir dengan baik seperti Bank Konvensional disebut apa? Bukankah sama fungsinya untuk meminjamkan uang lalu meminta pengembalian uang pinjaman dalam jumlah yang lebih besar sesuai prosentase jumlah pinjaman? Apa bedanya?

Kalau meminjam uang dari seseorang lalu diminta mengembalikan dengan jumlah yang lebih banyak dan ada tambahan denda lagi apabila tidak melunasi tepat waktu disebut Lintah Darat atau rentenir, lalu apa sebutan Bank Konvensional yang apabila seseorang meminjam uang di Bank Konvensional tersebut juga harus mengembalikan uang yang ia pinjam dalam jumlah yang lebih banyak sesuai persentase dan juga dikenakan denda apabila tidak melunasi tepat waktu?Apa sebutan nya?

Kalau untuk perorangan, seseorang dapat disebut sebagai rentenir atau Lintah Darat yang merupakan sebutan yang sangat hina, lalu apa sebutan untuk sebuah organisasi yang satu jenis dengan rentenir ini. Hanya saja rentenir atau lintah darat ini perorangan namun bank konvensional dan lainnya yang sejenis berbentuk organisasi, apa karena berbentuk organisasi jadi tidak terasa bahwa tipe pinjam meminjamnya sama dengan seorang rentenir atau lintah darat, apa bedanya Rentenir atau Lintah Darat dengan Bank Konvensional atau Organisasi pinjam meminjam yang sejenis? Intinya tetap sama meminjamkan uang dan meminta pengembalian dengan jumlah yang lebih besar.

Terus kenapa apabila meminjam dengan seseorang lalu diminta kembali dengan jumlah yang lebih besar merasa terbebani dan orang yang sudah mau meminjamkan uangnya dihina dengan sebutan Lintah Darat? Namun apabila meminjam dari Bank Konvensional dan sama-sama diminta kembali dalam jumlah besar kenapa tidak merasa terbebani dan tidak ada hinaan apapun untuk itu?Tanya kenapa?
Apa bedanya Lintah Darat dan Bank Konvensional dalam hal pinjam meminjam uang tunai?
Apa bedanya uang lebih dari Lintah Darat dengan Bunga atau uang Jasa dari Bank Konvensional?
Kenapa Lintah Darat diharamkan dimasyarakat sedangkan Bank Konvensional dan yang sejenisnya dirasa halal-halal saja?

“Tolong-menolonglah dalam kebaikan secara ikhlas”, 

“Keuntungan yang diperoleh dari berdagang dengan baik jauh lebih dan lebih terpuji  daripada mencari keuntungan dengan cara riba dengan mengambil keuntungan dari  seseorang yang sedang membutuhkan pertolongan uang  Anda”.

2 comments:

aiachkeren said...

Renungan untuk kita

Unknown said...

KarenA bank ada ATM nya.

Post a Comment