Powered by Blogger.

Teknik Merawat Mesin Mobil

tips tune up mesin mobil
Setelah digunakan beberapa lama mesin mobil akan mengalami kemunduran yang disebabkan berbagai factor. Untuk mengembalikan keadaan mesin ke kondisi normal diperlukan tune up yang bisa dilakukan di bengkel atau sendiri. Tentunya bila Anda menguasai.
Tune up mobil sendiri bisa menghemat anggaran. Caranya sebenarnya tidak terlalu rumit, hanya perlu belajar sebentar saja sudah bisa. Untuk mempermudah berikut ini kami sajikan teknik tune up mobil sederhana.
Pertama siapkan alat untuk tune up mobil seperti kunci pas ring, obeng min dan obeng plus, multi tester, hidro tester, timing light, fuller gauge, dan tachometer. Setelah semua alat siap bisa dimulai dari memeriksa pendingin untuk mengetahui apakah ada kebocoran dan tali kipas yang terputus. Untuk mengetahui adanya kebocoran bisa dilihat dari radiator dan penutupnya. 
Setelah memeriksa system pendingin dilanjutkan dengan memeriksa system pelumas yang terdiri dari kualitas dan kuantitas oli. Angkat dipstick kemudian dilap dengan menggunakan kain. Setelah itu masukkan kembali dipstick ke tempat oli untuk mengetahui volume oli secara benar. Hal ini disebabkan dipstick yang terpasang sebelum dibersihkan tidak dapat menunjukkan angka yang akurat. Cara memeriksa kualitas oli adalah dengan meneteskan sedikit oli ke tangan kemudian digosok dengan tangan yang lain beberapa saat. Cermati perubahan warnanya. Bila warnanya hitam pekat berarti masih bagus.
Hal lain yang harus diperiksa saat tune up mobil adalah saringan bahan bakar dan saringan udara. Untuk membersihkannya harus dengan melepas baut kleman. Setelah itu ambil saringan dan bersihkan dengan kompresor untuk saringan bahan bakar. Untuk saring udara proses membersihkannya dari dalam keluar kemudian ke dalam lagi. Apabila saringan mobil ternyata sudah sangat kotor atau rusak sebaiknya diganti dengan yang sesuai.
Selanjutnya periksa baterai atau accu mulai dari berat jenis baterai, tutupya, tegangan baterai, kondisi terminal, kotak baterai, dan volume baterai. Pastikan semua dalam kondisi normal. Perlu juga untuk memastikan apakah busi dalam keadaan baik. Buka busi dari tempatnya, periksa apakah ada pengikisan, kemudian bersihkan busi dengan amplas. Busi yang bersih akan membuat kendaraan semakin nyaman.
Terakhir memeriksa pengapian caranya dengan memeriksa sudut pengapian dengan timing light. Pastikan sudutnya sesuai dengan mesin yang sedang di-tune up (derajatnya).  Kemudian periksalah sudut dwell dengan tacnometer. Posisikan sudutnya 520 , selisihnya tidak boleh lebih dari 20. Perlu juga untuk mengetes kompresi. Apabila jarum tester menunjukkan angka 12-12 BAR berarti masih bagus.
Begitulah teknik singkat tune up mobil. Bila tidak ada waktu untuk melakukannya atau dirasa rumit bisa memasukkannya ke bengkel yang lebih praktis. Usahakan melakukan tune up secara berkala agar mesih selalu dalam kondisi normal.

No comments:

Post a Comment